Review film Persepolis


Dalam film persepolis menceritakan tentang kisah seorang gadis yang bernama Marjane Satrapi atau biasa dipanggil dengan Marji dan tinggal di Tehran, Iran. Ia mulai bernostalgia dengan kisah hidupnya. Ia ingat bahwa ketika masih kecil, ia bercita-cita ingin menjadi seorang nabi dimasa depan yang memiliki peraturan bahwa: orang harus memiliki perilaku yang baik, orang harus mengabarkan kata-kata yang baik, orang harus melakukan satu perbuatan yang baik, orang miskin harus mampu makan ayam goreng sehari-hari, dan wanita tua tidak akan menderita lagi. Sebuah cita-cita yang tidak jauh beda dengan anak seusianya,  sang nenek menghargai apa yang dicita-citakan oleh marji dengan cara akan bersedia menjadi murid pertamanya.
Ayah Marji bercerita bahwa 50 tahun yang lalu ayah Syah adalah seorang perwira yang menjadi raja setelah berhasil menggulingkan kaisar Qadjar, dan kemudian memenjarakannya karena kaisar qadjar adalah seorang komunis. Ayah syah  diktator tapi  juga memodernisasi Iran. Dia mencintai negaranya, tidak seperti anak penggantinya yaitu syah. Yang ingin membuat negara paling modern dari semua waktu dan orang-orangnya akan bersinar lagi. Dimana-mana terjadi kerusuhan, perang bahkan pembunuhan dikarenakan rakyat tidak setuju dengan kepemimpinan syah.
Datanglah siamak, teman ayah Marji yang baru saja keluar dari penjara, ia menceritakan ketika berada di penjara. Bahwa ia diikat dengan kabel yang sebesar kawat listrik sehingga kakinya tidak terlihat seperti kaki lagi, karena saraf akan langsung keotak bawah kaki. Dan penyiksanya itu sudah dilatih oleh CIA.
Suatu hari paman marji datang  ke rumahnya, ia bernama Anouche yang  baru bebas dari penjara. Ia dipenjara selama 9 tahun. Kemudian ia bercerita kepada marji bahwa pada waktu paman Anouche berumur 18 tahun, ketika dia dan teman-temannya menyatakan kemerdekaan provinsi Iran Azerbaidjan.  Dan Fereydoun mengangkat dirinya sendiri sebagai  mentri kehakiman republik ini. Lalu Anouche menjadi sekertarisnya. Bagi Anouche, itu merupakan hal yang sangat sulit karena ayah Anouche adalah seseorang yang sangat setia kepada syah. Ayah Anouche mengatakan bahwa anaknya adalah seorang penghhianat, dan menyuruhnya untuk pergi.
Suatu pagi, Fereydoun ditangkap dan Anouche memutuskan untuk lari, sementara pamannya menghadapi nasibnya sendiri. Ia berjalan berhari-hari ditengah badai, menyebrangi pegunungan Alborz untuk berlindung dirumah orang tuanya di Astara. Kemudian ia pergi kepengasingan. Ia berenang menyebrangi sungai Aras dan kemudian tiba di Uni Soviet. Lalu pergi ke Leningrad, kemudian ke Moskow dan mendapatkan gelar doktor pada Marxisme-Leninisme, ia kehilangan keluarganya, dan kemudian mecoba kembali dengan kereta api dan surat-surat identitas palsu, tetapi tidak berhasil. Lalu masuk penjara.
Satu tahun setelah revolusi Irak menyerang Iran. Saddam mengambil keuntungan dari kelemahan negara untuk menyerang. Atas nama memerang melwan musuh asing, negara menghapuskan musuh pedalaman. Penangkapan dan eksekusi meningkat. Pemerintahan baru yang dibentuk bahkan hukum lebih represif. Dalam waktu dua tahun kehidupan sehari-hari masyarakat berubah. Munculnya ideologi baru yaitu islam yang menekan dan memaksa membuat marjane merasa terkekang dan menderita.
Teheran 1982, semua wanita harus menutupi tubuhnya dari mata manusia. Dan yang mengungkapkan dirinya adalah orang berdosa. Peperangan terjadi dimana-mana. Hal itu membuat orangtua marjane menyekolahkannya ke luar negeri yaitu di sekolah perancis di Wina. Marjane tinggal di biara dan dia diurus dengan baik. Marjane pun tumbuh dewasa dan mulai mengenal dengan narkoba, alkohol. Ia berteman dengan Thierry Momo, Olivier, dan Hawa. Ia menjadi anggota band, dari Momo ia mengenal konsep nihilisme paksa dan Wina’s alternatif hidup.
Marjane diusir dari tempat tinggalnya karena ia mengatakan bahwa biarawati adalah mantan pelacur. Setelah itu dia tinggal dari apartemen ke apartemen. Pertama Eve dan ibunya membawa marjane masuk, lalu tinggal dengan 8 homoseksual, berikutnya tinggal di kamar pembantu, kemudian di beberapa teman rumah, dan akhirnya berakhir di Frau Doktor Schloss vila. Dia adalah seorang pensiunan guru filsafat, dan sudah gila. Marjane memutuskan untuk menjadi terpadu selama tahun depan. Ia harus meningkatkan pengetahuannya mulai dari sarte untuk Bakounin, dari Zweig untuk Freud.
Vienne 1986, marjane tidak bisa melepaskan perasaan bersalahnya karena dia sudah aman, tetapi orangtuanya masih beratahan dan perang. Ia ingin hidup seperti wanita diusianya. Ia tumbuh dewasa, dan ia tidak mengakui asal usulnya.
Setelah 3 tahun di Austria, ia punya teman baru. Dan ia jatuh cinta pada Fernando. Dan ternyata Fernando adalah homoseksual. Suatu pagi di bulan November, Markus datang ke dalam hidupnya marjane. Marjane merasa bahwa tidak ada yang menakutkannya, masa depan sangat tampak berseri-seri. Markus adalah seorang penulis besar. Suatu hari marjane memergoki markus dengan wanita lain. Ia sangat menyesal karena telah jatuh cinta pada lelaki brengsek. Hari itupula ia diusir dari tempat tinggal sebelumnya daniapun terpaksa tinggal dijalan. Ia menjadi gelandangan. Ia telah kehilangan beberapa kerabat dalam revolusi, dan bebas dari perang. Sebuah kisah cinta yang hampir saja membunuhnya.
Ia pu kembali ke Iran, disana, ia melihat pegunungan Alborz lagi. Ketika berada di Teheran, ia akan merasakan seperti berada di kuburan. Ayahnya bercerita kepadanya bahwa perang 8 tahun yang lalu adalah sia-sia. Sejuta orang mati untuk hal yang sia-sia. Hari-hari terakhir yang mengerikan. Sebulan sebelum gencatan senjata Teheran dibom Irak setiap hari, seolah-olah itu harus dihapus keluar dari peta. Tepat sebelum gencatan senjata, pemerintah ketakutan karena beberapa lawan telah melarikan diri ke Iran. Pemerintah takut ancaman yang mewakili ribuan tahanan politik. Jadi negara memutuskan untuk mengakhiri dengan cara keras. Mereka mengusulkan para pidana melepas cita-cita mereka untuk janji akan setia kepada rezim. Mereka harus memilih antara menuruti kata-katanya atau dieksekusi, dan kebanyakan dari narapidana dieksekusi. Dan sekarang nama-nama dijalan dinamakan martir, hanya itu yang tersisa untuk keluarga, nama jalan.
Teheran 1992, pada awal 90an saat cita-cita besar sudah berakhir. Setelah revolusi pemerintah telah menempatkan siswa begitu banyak di penjara bahwa siswa tidak berani bicara tentang politik. Dan perang akhirnya dibelakang siswa. Marjane bertemu dengan lelaki dan kemudian jatuh cinta dengan Reza dan menikah. Ia menikah dengan terpaksa karena di negaranya menjalin hubungan kasih tanpa dengan menikah itu sangat terkekang.
1 tahun kemudian ia merasa tidak cocok dengan suaminya dan meminta pendapat kepada temannya. Ia dinasehati leh temannya supaya tetap mempertahanka pernikahannya selama mungkin, karena sosok wanita yang sudah bercerai dengan suaminya akan dianggap rendah.  Ia pergi kerumah sang nenek untuk bercerita bahwa dia sudah tidak cinta lagi kepada Reza. Sang nenek justru mendukung keputusan Marjane untuk bercerai. Dan iapun akhirnya bercerai. Setelah bercerai Marjane pergi ke Perancis.

Komentar

  1. In this manner my acquaintance Wesley Virgin's story launches with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.

    Wesley was in the military-and soon after leaving-he discovered hidden, "SELF MIND CONTROL" tactics that the government and others used to get everything they want.

    THESE are the EXACT same methods many famous people (notably those who "come out of nowhere") and elite business people used to become wealthy and famous.

    You've heard that you use less than 10% of your brain.

    Really, that's because most of your BRAINPOWER is UNTAPPED.

    Maybe this expression has even taken place INSIDE your very own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind about 7 years ago, while driving a non-registered, garbage bucket of a vehicle with a suspended license and $3.20 on his bank card.

    "I'm very fed up with going through life check to check! When will I finally succeed?"

    You've been a part of those those types of questions, isn't it right?

    Your success story is going to be written. All you need is to believe in YOURSELF.

    Learn How To Become A MILLIONAIRE Fast

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Bahasa Indonesia kelas IX KD 3.12 dan 4.12

Makalah MUQOMAT : ZUHUD, TAUBAH, WARA, KEFAKIRAN, SABAR, TAWAKKAL, DAN KERELAAN

LAPORAN HASIL WAWANCARA “Tradisi Megengan di Desa Lemah Putih, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang”